Pages

Kamis, 01 Januari 2015

Tips aman melakukan INTERNET (baca)

Internet sudah jadi keperluan sehari-hari di jaman modern layaknya saat ini ini. kehadiran perangkat tablet serta smartphone dengan harga ikian terjangkau juga bikin internet makin memasyarakat.
tetapi banyak yang tidak mengerti atau belum tahu bahwa sesungguhnya banyak kejahatan datang dari dunia maya ini. serta umumnya, mereka inilah yang sering jadi tujuan empuk beberapa penjahat cyber.
untuk hindari perihal jelek yang barangkali saja dapat berlangsung, baiknya beberapa pengguna internet, baik itu di pc, tablet ataupun smartphone, Oke gak perlu banyak basa-basi langsung aja..

Berikut ini Tips Aman dalam Berinternet:

1. kunci komputer dan beragam account didalamnya dengan password yang kuat, dan sematkan pin empat digit yang unik, tetapi gampang anda ingat pada perangkat tablet atau smartphone

2. janganlah kerjakan pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja atau aktivitas usaha mutlak yang lain melewati perangkat komputer punya umum, contohnya di warnet atau sarana internet gratis di bandara, atau dari laptop, tablet serta smartphone melewati jaringan wifi yang terbuka untuk umum, contohnya hotspot.

3. waspadai beberapa pengintai. beragam langkah dibikin orang untuk mencium jejak password, pin, user name atau sejenisnya melewati ketikan jari atau sentuhan pada layar waktu anda memasukkan data. cermati sekeliling anda sebelum saat memasukan password, pin, user name atau sejenisnya saat ada di area umum.

4. waspada dengan pesan atau e-mail yang mencurigakan. jauhi beragam tawaran yang terlihat terlalu berlebih serta waspadai pengirimnya. walau pesan tersebut terlihat seolah-olah datang dari seseorang atau sumber yang bisa diakui.

5. cermati sinyal tanda pada laman situs yang tunjukkan bahwa laman tersebut safe serta bisa diakui. sebelum saat memasukkan data yang peka, periksa kembali panduan enkripsi, contohnya alamat situs dengan https atau logo gembok terkunci di sudut kanan bawah penampilan website.

6. kurangi spam dari inbox. janganlah berikanlah alamat e-mail utama atau instant messaging pada orang tidak dikenal atau instansi yang tidak diketahui reputasinya. jauhi menampilkan data tersebut dari laman jejaring sosial, atau direktori internet, contohnya white pages atau website lowongan kerja.

7. jauhi menampilkan rincian data pribadi layaknya alamat rumah, nomer telephone atau alamat online orang tua/ keluarga hingga beberapa penjahat dunia maya bisa memakai info tersebut untuk bikin profil palsu dari rincian tersebut.

8. unduh aplikasi keamanan yang sangat mungkin anda menghapus seluruh data pribadi dari jauh. perihal ini dapat berperan disaat tablet atau smartphone anda hilang atau dicuri.

9. pakai pengaturan privasi atau privacy setting di account jejaring sosial anda. yakinkan yang dapat terhubung photo serta status anda hanya orang-orang paling dekat anda yang bisa diakui. serta janganlah segera terima ( accept ) keinginan pertemanan ( friend request ) dari orang yang anda tidak meyakini mengenalnya.

10. yakinkan software keamanan anda senantiasa diperbaharui. keamanan software saat ini ada untuk seluruh type perangkat, baik itu smartphone, tablet maupun pc. yakinkan anda mempunyai software keamanan terbaru pada perangkat anda supaya terus terlindungi setiap waktu. 
Semoga bermanfaat ya ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook  Twitter  Yahoo