Pages

Kamis, 01 Januari 2015

Tips mengetahui visitor blog

 
JIKA Anda termasuk blogger "kepo" yang ingin tahu aja atau ingin tau banget pembaca/pengunjung yang sedang membuka ke blog Anda, pasang saja widget pemantau pengunjung blog dari Who Amung Us.

Cara pasangnya mudah banget. Tidak perlu daftar (registrasi) dan gratis (free!). Anda kita tinggal pilih model, lalu Copy kode HTML yang disediakan di gallery-nya, dan Paste ke sidebar blog Anda.

Di blogspot, tinggal klik Layout > Add Gadget dan paste kodenya di sana.

Widget ini akan menampilkan data jumlah pengunjung yang sedang online di blog Anda, juga data/asal negara mereka. 
Menurut Who Amung Us, widget kecilnya ini sudah digunakan oleh 17 juta blogger di tahun pertama dan meningkat drastis menjadi 100 juta blogger di tahun keduanya! WOW...!
Jika Anda "malas" membuka langsung Who Amung Us, mau tinggal pasang, ini dia kode html untuk memantau pembaca/pengunjung blog kita:
<script id="_wauomn">var _wau = _wau || []; _wau.push(["classic", "hrjumq8cdm31", "omn"]);
(function() {var s=document.createElement("script"); s.async=true;
s.src="http://widgets.amung.us/classic.js";
document.getElementsByTagName("head")[0].appendChild(s);
})();</script>

Situs pemantau pengunjung blog lainnya masih banyak, antara lain Histats. Situs ini menyajikan data pengunjung lebih detaill. Selain menampilkan data realtime dan jumlah pengunjung, juga menampilkan daftar posting (tulisan) apa saja yang sedang dan telah dibuka oleh pengunjung.

Google Analytic: Terbaik dan Terlengkap!
Who Among Us dan Histats bisa menjadi "pembanding" bagi pemantau utama blog, yakni Google Analytic.

Kita "wajib" memanfaatkan Google Analytic untuk mengetahui jumlah pembaca/pengunjung per bulan, per minggu, per hari, bahkan per jam dan per menit! Di Google Analytic kita juga bisa memantau secara real time posting yang sedang dibuka dan jumlah pengunjung.

Selain Google Analytic, Blogger sendiri sudah menyediakan menu "Stats" (Statistik) tentang jumlah pageviews, posting terbanyak dibaca, media atau perangkat yang digunakan pengunjung untuk membuka blog kita (klik menu "Audience"), dll. Wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook  Twitter  Yahoo